Home » Pengembangan Website » Mengenal Dan Belajar Pengembangan Website Jauh Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Mengenal Dan Belajar Pengembangan Website Jauh Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Ditulis oleh Segi Henggana · 12 March 2019
Mengenal Dan Belajar Pengembangan Website Jauh Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah familiar dengan istilah “website”. Karena hampir sebagian besar generasi millennial mengakses informasi dari sebuah website. Website sendiri sebenarnya adalah suatu kumpulan dari halaman-halaman yang berisi seputar berita ataupun informasi yang bisa kita akses melalui internet.

Bukan rahasia lagi jika sebagian besar pengguna website sama sekali tidak tahu bagaimana cara mengoperasikan website bahkan untuk sekedar memposting artikel. Karena mereka atau bahkan kalian mungkin menganggap membuat website itu rumit jadi ya sudahlah kalau pengen buat website enaknya terima jadi aja.

Tapi kalau kamu ingin berkecimpung didunia pengembangan website, wajib banget tahu banyak informasi tentang website. Berikut ini jenis-jenis website secara umum yang perlu kamu ketahui:

  1. Website statis. Jenis website statis ini tidak bisa dirubah kontennya pada browser karena halamannya dibuat menggunakan kode HTML sehingga hanya developer yang dapat melakukan update. Informasi yang ditampilkan pada website statis ini akan sama kepada setiap pengunjung. Selain menggunakan HTML dan CSS, biasanya seorang webmaster dan developer juga menggunakan Hexo atau Hugo dalam pembuatan websitenya.
  2. Website dinamis. Jenis website dinamis ini kontennya dapat diubah pada halaman tertentu dan biasanya selalu diupdate. Sebagian besar website berita ataupun website portal menggunakan jenis website dinamis. Karena sifatnya yang lebih mudah dikelola dan memiliki beberapa user sehingga dapat melakukan update konten website.
  3. Website interaktif. Jenis website interaktif ini memiliki komunikasi dua arah seperti sosial media yang merupakan pengembangan dari website dinamis. Bahkan sosial media seperti twitter, kaskus dan bahkan facebook pun menggunakan jenis website interaktif.

Beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum membuat website adalah website tersebut harus memiliki kerangka utama untuk membuat website itu berdiri. Setelah website jadi, selanjutnya kalian harus membuat website menarik untuk mendatangkan pengunjung dan pastikan alur dari website jelas agar pengunjung betah dan nyaman berlama-lama berkunjung ke website kalian. Nah, untuk membuat website sesuai standar diatas kalian bisa menggunakan beberapa bahasa pemograman website.

Beberapa bahasa pemograman website yang paling sering digunakan oleh webmaster ataupun developer adalah HTML (hypertext markup language), CSS (cascading style sheets) dan PHP (hypertext preprocessor). Apa itu HTML (hypertext markup language)? HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat halaman pada website. Bahasa pemograman HTML sangat popular dan paling banyak digunakan oleh developer karena kemudahan dalam penggunaannya. HTML dapat menampilkan informasi berbentuk table, menyisipkan gambar, membuat link dokumenn hingga menambahkan gambar ataupun video.

Bahasa website yang tidak kalah popular selanjutnya adalah CSS (cascading style sheets). CSS merupakan bahasa website yang berfungsi untuk memperindah dan mempercantik penampilan website. Dengan CSS, kalian bisa mengaplikasikan gaya pada dokumen-dokumen HTML. Bahasa website selanjutnya adalah PHP (hypertext preprocessor) yang merupakan bahasa pemrograman skrip yang bisa kalian sisipkan pada html sehingga konten statis akan beruba menjadi dinamis. Saat ini bahasa pemograman PHP banyak digunakan oleh developer karena bersifat open source sehingga bisa digunakan secara gratis. Itulah beberapa bahasa website yang wajib kalian ketahui apabila ingin memasuki dunia pengembangan website.

Lalu, bagaimana jika kamu ingin belajar melakukan pemograman website dari tingkat sangat dasar? Jawabannya adalah kamu bisa belajar pemograman bahkan mulai tingkat dasar menggunakan JSFiddle. JSFidlle merupakan salah satu website khusus yang memfasilitasi seseorang untuk belajar bahasa pemrograman. Untuk belajar pemograman di JSFidlle kalian harus menggunakan coding dengan bahasa website yang saat ini sedang popular seperti HTML, CSS, dan JS. JSFidlle sangat praktis digunakan untuk pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman karena bisa dilakukan secara online melalui internet menggunakan gadget ataupun komputer.

Pada JSFidlle telah disediakan fitur hasil output dari coding kalian sehingga semuanya sudah tersedia dalam satu halaman. Pada JSFidlle juga disediakan bahasa pemrograman website yang berbasis framework seperti Bootstrap. Untuk melakukan coding telah disediakan text editor sehingga lebih mudah untuk mengetik kode script. Jika kalian baru pertama kali menggunakan JSFidlle untuk belajar bahasa pemrograman website maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka web browser kemudian ketikkan “jsfiddle.net” pada address bar di komputer atau laptop kalian.
  2. Selanjutnya tekan tombol enter dan tunggu hingga halaman homepage muncul.

  3. Pada bagian homepage utama dari website JSFiddle akan menampilkan 3 tempat text editor dan sebuah output. Pada satu halaman ini kamu bisa belajar langsung 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu HTML, CSS, dan JS.

  4. Selanjutnya pilihlah tipe project pada Start with a boilerplate. Kemudian klik tombol Empty untuk membuat project.

  5. Ketikkan kode script HTML di bagian kolom HTML.

  6. Setelah memasukkan kode script selanjutnya klik ikon Run untuk mengetahui hasil dari kode skrip HTML yang telah kamu ketikkan tadi.

Sangat praktis dan sederhana bukan belajar bahasa pemrograman menggunakan situs JSFidlle ini. Kamu bisa belajar bahasa pemrograman secara otodidak dan bisa dilakukan dari mana saja. Masih banyak tahapan yang harus kalian lakukan untuk belajar bahasa pemrograman di JSFidlle. Langkah-langkah diatas merupakan langkah paling awal untuk belajar bahasa pemrograman. Kalian bisa mengetahui langkah-langkah selanjutnya untuk belajar bahasa pemrograman di JSFidlle dengan terus menyimak artikel di website ini . Stay tune..

Saya masih ingat waktu pertama kali bikin layout website pas SMA, pake TABLE :facepalm:. Sekarang bekerja di Bukalapak sebagai Front End Engineer. Tidak sedang mencari pekerjaan baru.