Home » Pengembangan Website » 4 Keuntungan Backup Situs Web Yang Harus Diketahui

4 Keuntungan Backup Situs Web Yang Harus Diketahui

Ditulis oleh Segi Henggana · 22 March 2019
4 Keuntungan Backup Situs Web Yang Harus Diketahui

Memiliki website pribadi adalah salah satu cara untuk menunjukkan eksistensi diri, bisa menulis berbagai hal yang sesuai dengan passion, mengutarakan pendapat, berbagi tips dan masih banyak lagi hal lainnya. Dalam sebuah website, apalagi milik pribadi tentunya akan kita rawat dengan baik, bukan? Salah satunya adalah dengan menulis konten-konten terbaik yang kita mampu, karena konten yang ada dalam situs dan dibaca orang, akan membawa citra kita.

Oleh sebab itu, tak heran jika website pribadi memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sangat berharga. Bayangkan jika ternyata suatu kejadian terjadi dan membuat website rusak atau tak bisa diakses lagi? Semua data hilang, foto dan konten lain yang telah diunggah ke dalamnya juga ikut musnah, apalagi jika sudah dimonetisasi pastinya akan bertambah pula kekacauan yang terasa. Itulah mengapa backup situs website sangat dibutuhkan.

Yang dimaksud dengan back up itu sendiri adalah keputusan yang penting untuk data-data dalam kepemilikan kita, bisa berupa data yang ada pada komputer, di dalam handphone atau juga termasuk data hosting (blog).

Jika kita memilih untuk membackup data, maka kita kelak bisa memiliki arsip andaikan sewaktu-waktu terjadi hal yang merugikan. Ada banyak penyedia hosting yang memberikan garansi back up untuk para kliennya, hanya saja backup tersebut adalah backup untuk bulanan dan mingguan, hampir tak ada yang menyediakan garansi backup harian. Padahal supaya lebih ringan dan tidak ribet, lebih disarankan backup harian saja.

Manfaat Back Up Data Situs Web

Lantas apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika memilih untuk membackup situs web? Berikut adalah 4 manfaat backup data situs web.

  1. Untuk menghindari hacker dan bahayanya. Inilah hal pertama yang tak diinginkan oleh para blogger, namun jika sudah membackup data maka kita hanya tinggal restore saja dan website bisa kembali seperti semula.
  2. Bisa menghindari masalah dari hosting yang crash, atau masalah lainnya yang berimbas pada website kita.
  3. Menghindari error yang disebabkan mengganti plugin dan tema, bisa juga karena salah menghapus plugin cache. Jika sudah terlanjur dihapus, maka kita bisa melakuan restore dengan cepat. Namun, jika tetap tak bisa maka kita bisa mempercayakan data backup web yang kita miliki pada perusahaan hosting yang kita gunakan.
  4. Menghindarkan virus dan malware yang mengacaukan website. Inilah yang paling ditakuti lainnya oleh pemilik blog, sebab tamu tak diundang seperti virus dan malware akan membuat blog kacau balau, rusak bahkan sampai hilang. Supaya bisa cepat memperbaiki semua data yang ada dan mengembalikan situs seperti semua, kita tinggal menghapus semua data yang ada, kemudian tinggal merestore data dan situs kita kembali seperti semula tanpa ada masalah apa-apa.

Cara Backup Website Melalui cPanel

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dari memback up situs web, maka kita bisa mulai memback up situs masing-masing melalui cPanel. Adapun langkah-langkahnya juga sangat mudah dan sederhana, sehingga para pemula sekalipun bisa melakukan backup data sendiri dengan cepat.

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk backup situs web dengan menggunakan cPanel. Silakan disimak:

  • Hal yang pertama dilakukan adalah dengan menuju cPanel dari akun website kita, cara mengaksesnya dengan mengetik “domainkita.com/cpanel” (domain kita diisi dengan nama domain yang kita miliki).
  • Setelah itu, login Cpanel.
  • Lantas di bagian files langsung klik Backup Wizard.
  • Sebenarnya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memback up datanya, untuk yang pertama tinggal memilih Backup.
  • Untuk langkah kedua pilihlah jenis backup yang diinginkan, misalnya Full Backup jika ingin melakukan backup semua file yang ada, dan bisa memilih Partial Backup jika ingin mem-backup beberapa file saja yang terpilih.
  • Langkah yang ketiga adalah masukkan alamat email, nantinya kesanalah file backup data akan dikirimkan. Setelah itu Generate Backup, klik.
  • Setelah diklik maka pemberitahuan proses backup akan muncul, bisa kembali ke halaman download dengan cara klik pada tombol go back.
  • Setelah selesai diproses, maka muncul pemberitahuan bahwa semua file telah siap untuk diunduh, yakni hasil backup dari proses yang kita lakukan sebelumnya.
  • Selesai. Kita sudah memiliki file backup lengkap dari situs web. Kita bisa melakukan hal yang sama pada website lainnya untuk memberikan perlindungan lebih pada data-data yang telah diunggah.

Itulah langkah-langkah yang mudah untuk mengunduh semua data dari website kita sendiri, dengan adanya fitur backup ini membantu kita supaya tak sampai kehilangan data permanen secara keseluruhan, apalagi jika misalnya situs yang kita miliki sangat rawan akan kerusakan atau hal lainnya. Semoga bermanfaat!

Saya masih ingat waktu pertama kali bikin layout website pas SMA, pake TABLE :facepalm:. Sekarang bekerja di Bukalapak sebagai Front End Engineer. Tidak sedang mencari pekerjaan baru.