Home » Pengembangan Website » Cara Daftar Adsense Blog Yang Mudah Dan Cepat

Cara Daftar Adsense Blog Yang Mudah Dan Cepat

Ditulis oleh Segi Henggana · 22 March 2019
Cara Daftar Adsense Blog Yang Mudah Dan Cepat

Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di Indonesia, masyarakat juga makin banyak yang melek teknologi serta memahami bahwa internet bisa memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa mendapatkan tambahan uang. Bahkan bekerja dengan mengandalkan internet sangat menyenangkan, bisa dilakukan di rumah dan tak perlu pergi ke kantor namun tetap bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang tak terbatas.

Salah satunya adalah dengan mendaftarkan blog untuk memasang iklan dari Google lewat Google Adsense. Jadi, blog kita akan direview oleh tim Google, apakah memenuhi syarat dan ketentuan atau tidak. Jika memenuhi syarat, maka kita bisa memasang iklan. Sementara itu jika tidak, maka harus memperbaiki blog hingga memenuhi syarat dan bisa menjadi partner Google Adsense.

Apa Itu Google Adsense?

Yang disebut sebagai Google Adsense tak lain adalah sebuah program advertising CPC atau cost per click, jadi kita sebagai pemilik website akan dapatkan uang dari konten online yang ada. Ini adalah cara yang sangat mudah dan sederhana untuk dapatkan penghasilan lewat Adsense. Menariknya, media iklan yang satu ini sudah tertarget, iklan dalam bentuk gambar, video, text dan bahkan iklan interaktif. Jangan khawatir dengan kredibilitasnya, sebabsemua iklan yang ada sudah melewatitahapan ketat dari pemilihan, penyusunan dan pengelolaannya pun dilakukan oleh Google sendiri.

Bagi pemasang iklan, keuntungannya adalah bisa memasang iklan di media yang sesuai dengan target pasarnya, untuk pemilik website yang dipasangi iklan pun akan mendapatkan keuntungan. Walaupun memang bagian untuk Google lebih besar, namun bagian yang akan kita dapatkan juga sudah terbilang besar, lho!

Inilah kedua cara yang digunakan untuk membuat Google Adsense memberikan penghasilan, yakni:

  • Per-impression. Seberapa banyak page views yang kita dapatkan per bulan, maka itulah penghasilan kita.
  • Per-click. Untuk jenis pembayaran ini sangat tergantung pada berapa banyak orang yang sudah mengklik iklan yang ada dalam website kita. Namun kita tak boleh mengklik iklan sendiri karena itu adalah pelanggaran dan akun bisa dibanned.

Cara Mendaftar Google Adsense

Lantas bagaimana caranya untuk mendaftar Google Adsense? Berikut adalah tutorial memasang Google Adsense yang mudah dan cepat. Silakan disimak.

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah mengunjungi website Google Adsense, setelah itu silakan mengisi formulirnya sesuai dengan identitas kita.
  2. Setelah itu, masukanlah URL Website yang akan diajukan untuk dipasangi Adsense, masukkan alamat email, dan kita juga bisa memilih apakah butuh bantuan Google untuk mempelajari hal-hal dasar dalam Adsense. Jangan lupa klik save and continue
  3. Setelah itu, Google akan berjalan sendiri untuk memastikan jika data yang anda masukkan adalah benar dan bisa dipertanggungjawakan, Kita harus tetap memeriksanya dengan teliti.
  4. Pilihlah negara asal kita, yakni Indonesia. Kemudian centang Yes, I have read and accept the agreement. Jika sudah, maka kita bisa langsung klik Create Account.
  5. Setelah itu, masukkan data-data pembayaran kita. Masukkan nama bank yang digunakan dan juga nama pemilik akun. Jangan sampai salah memasukkan nomor rekening dan juga nama pemilik, sebaiknya cek dua kali daripada salah dan panjang urusannya.
  6. Telah selesai, satu langkah lagi yakni memverifikasi akun dengan memasukkan kode HTML. Nantinya ada kode HTML khusus yang bisa dimasukkan ke dalam HTML website kita, supaya bisa dicek dan Adsense pun bisa aktif.

Cara Memasukkan Kode Verifikasi Adsense Di Wordpress

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Adsense tidak hanya bisa dipasang di Blogger.com saja, namun juga bisa dipasang di platform Wordpress. Adapun cara untuk memasukkan kode verifikasi Adsense di platform Wordpress terbagi menjadi dua cara, kode verifikasi yang disisipkan pada ‘head’ dari website Worpress kita itu dilakukan dengan menggunakan plugin, kita akan memasukkan kode verifikasi AdSense secara manual ke header dan juga menggunakan widget untuk memasukkan kodenya.

  1. Menggunakan Plugin. Install terlebih dahulu Insert Headers and Footers. Plugin ini tak hanya membantu masukkan script kode verifikasi Google, namun juga kode verifikasi lain.
  2. Menggunakan Widget. Kita tak perlu menginstall apapun karena sudah ada di dalam pengaturan website Wordpress masing-masing. Caranya klik appearance, pilihlah widgets dan cari custom HTML. Setelah ditemukan, pilih dan masukkan kode verifikasi Google Adsense yang kita miliki disana.

Cara Memasukkan Kode Verifikasi Adsense Di Blogger

  • Masuk ke akun blogger.
  • Lihat di kiri atas, tekan tanda panah ke bawah.
  • Pilih blog yang akan didaftarkan ke Google Adsense.
  • Pada bagian kiri, pilih earnings.
  • Kemudian klik Sign Up for AdSense. Apabila tidak ada tombol apapun disana, maka blog kita sama sekali belum terkualifikasi untuk mendaftar Adsense.
  • Isi formulir dan tunggu review Google setidaknya 48 jam.

Selamat mencoba!

Saya masih ingat waktu pertama kali bikin layout website pas SMA, pake TABLE :facepalm:. Sekarang bekerja di Bukalapak sebagai Front End Engineer. Tidak sedang mencari pekerjaan baru.