Home » Ruby » Apa Itu Ruby Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Ruby Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ditulis oleh Segi Henggana · 16 March 2019
Apa Itu Ruby Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dunia IT memiliki perkembangan yang sangat pesat dan makin banyak generasi muda yang tertarik untuk menjadi programmer. Yang dimaksud dengan programmer merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk selesaikan masalah dengan bahasa pemrograman, karena mereka memang memiliki skill dalam hal tersebut. Kemampuan yang mereka miliki tersebut terdiri atas beberapa level, programmer mampu menulis kode, mampu memahami algoritma dengan mudah serta biasanya bekerja sendiri alih-alih bekerja dalam bentuk grup.

Setiap programmer setidaknya menguasai satu bahasa pemograman dan juga sudah handal dalam hal tersebut, sebab salah satu syarat menjadi programmer adalah menguasai satu bahasa pemrograman dan mampu menggunakannya dengan baik. Rata-rata mereka adalah alumni dari universitas yang mengambil jurusan ilmu komputer atau jurusan informatika. Walau demikian, ada juga programmer yang mempelajari semuanya secara otodidak, dari berbagai buku, tutorial internet, mengikuti kursus dan bahkan ikut bootcamp, dan sejenisnya.

Apa itu Ruby?

Para programmer menyebut Ruby sebagai bahasa yang praktis juga cantik, dan juga artistik. Adapun Ruby itu sendiri merupakan sebuah bahasa yang diciptakan dengan seimbang. Lahir dari buah pikiran Yukihiro “Matz” Matsumoto, ia telah menggabungkan beberapa bagian-bagian terbaik dari beberapa bahasa favorit beliau. Contohnya Perl dengan segala kehebatannya, Phyton yang objektif, Smalltalk, Eiffel, serta Ada dan Lisp, semuanya digabungkan dan menjadi bahasa baru yang seimbang, antara pemrograman imperatif serta pemrograman fungsional.

Dalam berbagai kesempatan sering dikatakan bahwa Matz sedang mencoba untuk membuat Ruby terlihat natural dan bukan sederhana, jadi Ruby akan dibuat semirip mungkin dengan kehidupan nyata kita. Ruby itu sendiri digambarkan sebagai sesuatu yang terlihat sederhana dan biasa, namun dalamnya sangat rumit. Kurang lebih bisa dianalogikan seperti tubuh manusia.

Cara Menginstall Dan Menggunakan Ruby Di Linux

Untuk yang ingin mencoba untuk mempelajari Ruby, maka bisa menginstallnya terlebih dahulu mengunakan Linux. Adapun peralatan yang harus disiapkan sebelum mulai menginstall dan mempelajarinya, ialah:

Teks Editor

Ini adalah peralatan pertama yang kita butuhkan supaya bisa memrogram Ruby di Linux, yaitu Teks Editor. Adapun peralatan ini digunakan supaya kita bisa menulis kode, di dalam Linux itu sendiri sudah tersedia berbagai macam teks editor yang bisa digunakan langsung.

Instalasi Ruby Di Ubuntu

Supaya bisa menginstall Ruby di Ubuntu maka gunakan perintah di berikut ini: sudo apt-get install ruby-full Kemudian jawab dengan ‘Y’ dan proses instalasi dimulai. Tunggu hingga proses tersebut selesai.

Pengujian Ruby

Jika sudah selesai dengan instalasinya, sekarang saatnya kita untuk melakukan uji coba Ruby. Cobalah untuk melakukan perintah pertama, yaitu :

ruby -e "puts 'Hallo Ruby, salam kenal'"

Adanya argumen -e dalam perintah memiliki arti menyuruh ruby supaya mengerjakah satu baris perintah saja. Kemudian perintah kedua yang harus dilakukan adalah mengecek versi ruby yang telah terinstall, yakni :

ruby -v

Percobaan Ruby Interaktif

Karena merupakan gabungan dari berbagai bahasa pemrograman, maka tak heran jika Ruby juga mirip dengan Python yakni memiliki modus interaktif. Supaya bisa menggunakan modus ini, maka kita dapat menggunakan perintah irb (Interactive Ruby). Adapun perintahnya adalah :

irb

Nah, setelah muncul di terminal maka Ruby sudah siap untuk melakukan perintah kita. Menariknya Ruby ini, tiap menulis kode di modus interaktif maka seakan-akan kita ini sedang bicara dengan Ruby. Setiap perintah yang diketikkan akan muncul dan dijawab langsung olehnya.

Setelah melakukan beberapa tutorial di atas, mari lakukan eksperimen lainnya dengan mencetak teks menggunakan tanda petik dua dan juga tanda petik satu. Sebagai berikut:

irb(main):011:0> puts " Saya \n Sedang \n Belajar \n Ruby"
Saya
Sedang
Belajar
Ruby
=> nil
irb(main):012:0> puts ' Saya \n Sedang \n Belajar \n Ruby'
Saya \n Sedang \n Belajar \n Ruby
=> nil

Jika sudah, maka sekarang mencoba lagi untuk melanjutkannya dengan Ruby, untuk tanda petik dua lakukan :

irb(main):013:0> print "Nama saya ", nama

Hasilnya akan terlihat seperti berikut ini.

Nama saya Kharisma=> nil
irb(main):014:0> puts "Nama saya ", nama
Nama saya
Kharisma
=> nil

Untuk tanda kutip satu :

irb(main):015:0> puts 'Nama saya', nama

Maka yang muncul seperti berikut.

Nama saya
Kharisma
=> nil
irb(main):016:0> puts "Nama saya" + nama
Nama sayaKharisma
=> nil

Lihatlah, ada sedikit perbedaan di teks yang gunakan tanda petik satu dan dua. Jadi jika menggunakan tanda peti satu maka langsung dicetak sebagaimana kita ketik, namun teks dengan tanda petik dua akan diolah dulu sebelum dicetak. Demikian adalah penjelasan singkat mengenai apa itu Ruby dan bagaimana cara menggunakannya untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Saya masih ingat waktu pertama kali bikin layout website pas SMA, pake TABLE :facepalm:. Sekarang bekerja di Bukalapak sebagai Front End Engineer. Tidak sedang mencari pekerjaan baru.